Rabu, 01 Oktober 2008

Cartoons ; It's all about Imagination

Liburan lebaran dari tanggal 24 September kemarin membuat saya jadi suka menonton tv. habis, nggak ada kerjaan lain sih, di rumah kalo nggak makan, minum, urusan kamar mandi, paling-paling juga main komputer, nonton dvd, dan yang paling sering saya lakukan yaa menonton tv. hampir semua acara, dari pagi sampai malam saya gandrungi. dan belakangan gara - gara liburan ini saya jadi sering sekali menonton kartun! hahaha :D

Beberapa hari yang lalu, dalam 2 hari saya berturut-turut menonton film kartun, yang pertama adalah Meet the Robinsons, yang kedua adalah Cars. Sebenarnya aslinya saya sudah nggak terlalu suka sama yang kayak gitu-gitu. males, masa hari gini nonton acara anak cebol. tapi karena ga ada kerjaan lain, yaudah saya tonto
n aja. Ehhh ternyata abis saya nonton film yang pertama, ternyata filmnya bagus banget lho! sarat akan makna (cie) dan bagus banget pesan moralnya, yaitu : "Keep moving forward". haaaaaah jadi terinspirasi, beneran deh abis selain ceritanya bagus, visualisasinya juga keren banget. terus, besoknya saya nonton film Cars, di awal - awal cerita sih saya udah aja tuh mau ganti ke channel lain. tapi ternyata setelah diikutin ceritanya sampe akhir, ceritanya juga top banget! pesan moralnya juga bagus, dan yang penting itu visualisasinya beeeeeeeeeeeeeeeeeeh te-o-pe be-ge-te! jadi tambah terinspirasi lagi sayaaaa. setelah 2 hari berturut - turut tersebut, saya jadi mencari dvd-dvd film kartun saya yang sudah lama nggak saya tonton. alhasil, dalam liburan ini saya menonton banyak film kartun. Ah, jadi-pengen-jadi ilustrator, kan pasti asik banget.

Kemarin siang pas lagi ganti-ganti channel, di metro tv ditayangin e-lifestyle. emang dasarnya suka acara itu jadi ya saya tonton. terus, kebetulan banget ternyata yang sedang dibahas dalam episode itu adalah tentang animator! waaaaaah oke banget kebetulannya! kan juga kebetulan (lagi) saya lagi pengen banget tau tentang segala sesuatu yang berhubungan sama Pixar, yang pasti berhubungan banget sama animator. terus, kebetulan lagi dan lagi, perusahaan yang di omongin adalah pixar! aw aw emang jodoh deh haha. setelah 1 jam saya tonton acara itu, ternyata ada beberapa fakta yang saya dapet, yaitu :

  1. Kalo production house khusus buat film animasi itu kalo buat 1 film butuh waktu kurang lebih 5 tahun (itu paling cepet!) contohnya, film kungfu panda dibuat membutuhkan waktu selama 8 TAHUN! Omaygat sumpah itu lama banget, asli!
  2. Production house yang paling oke, contohnya dreamworks sama pixar, itu punya software khusus sendiri yang dibuat sama mereka untuk membuat film animasi. wah canggih
  3. dan masih banyak lagi fakta-faktanya
Wah ternyata. ga gampang ya buat film animasi itu. selain buatnya, kan suatu film dibuat pasti ada pesan - pesan moral yang bisa ditangkep oleh para penontonnya. dan pasti susaaaaaaaah banget buat menjadikan pesan - pesan moral itu buat divisualisasiin dalam bentuk kartun atau film animasi. yakan? iya dong pastinya. dalam hal film animasi, dari kecil saya udah nonton banyaaak banget film kartun, dan tetep aja sampai sekarang saya suka, apalagi yang dibuat sama pixar. di bawah ini adalah film-film animasi yang saya tonton pas liburan ini dan menjadi favorit saya :

Cars
Meet the Robinson
The Incredibles Ratatouille Monster Inc.

Saya jadi berpikir, untuk menciptakan sebuah film kartun atau animasi yang keren, pasti membutuhkan kerja keras, pantang menyerah, dan terutama, imajinasi yang tinggi. dan sebuah production house seperti pixar pasti menyimpan banyak sekali orang yang mempunyai imajinasi yang luar biasa. so, if you want to be an animator, all you need is imagination! dan saya saranin, sekali-sekali gapapa kok nonton film kartun. bagus malah, daripada nonton sinetron yang nggak jelas di tv, cinta melulu. bukannya ngajarin yang bener malah ngasitau yang nggak bener. salah kan jadinya. Mendingan nonton kartun, udah filmnya pasti bagus, ada pesan moralnya lagi! oia, kalo mau nonton film kartun, jangan sendirian! ajak papa-mama-adik-kakak-nenek-kakek-oom-tante kalo perlu. hehe.


I am imagination. I can see what the eyes cannot see. I can hear what the ears cannot hear. I can feel what the heart cannot feel. -Peter Nivio Zarlenga


11 komentar:

Nabila mengatakan...

beh! asik banget post lo sumpah. and the quote at the end.. azeek2

Deva mengatakan...

Bagus blog lo ron... Kayak ngajakin orang untuk nonton film bermoral hehehehehehe.... mostly film kartun itu bermoral semua, tapi kita harus nyari itu sendiri...

sigit gogo mengatakan...

wah gue gamau kuliah jurusan animasi dah malay lama pula ahahha.. eh ks komen juga ke postingan gue yang terakhir okeee sippo

Cakra The Living Legend mengatakan...

Hmm, mau jadi animator ron? serius lo? gw tau sih tempat universitasnya dmn.. namanya The One Academy, gw pernah ikut seminar The One Academy di SMA 70 waktu itu, nah yg mimpin seminarnya sekaligus presentasi itu Director yg buat Kungfu Panda! gw lupa namanya siapa.. tapi yg jelas, oke2 banget deh..

klo mau n bner2 niat jadi animator, masuk ke One academy aja.. dsana bnyk animator2 yg dari Pixar and dreamworks.. gokil deh pokoknya..

walaupun lo blom bisa apa2 ntar diajarin dari dasar nya dsana, sampe lo bner2 ngerti.. gw udah niat sih mo kesana.. ntar katanya ada perebutan beasiswa gitu.. katanya mesti buat animasi atau film atau semacamnya gitu deh..

Klo soal kungfu panda dibuatnya 8tahun, ga usah bingung.. wong yang buat cuman beberapa animator.. palingan 5-10 orang doang..

nutsynatsi mengatakan...

nah lho...
blog penting amat ron.... BENERAN GW!
ada isinya gitu..

blog gw mah isinya go-blog bgt!! hahhahahaha...

yaaaaaaaaah.... mampus dong gw....

Savira Zulsyika mengatakan...

klo lo mau bikin kartun gw masukin jd tokohnya yey!tp yg pling cantik! hahahahaha

ron isi blog gw
savirazulsyika.blogspot.com

Anonim mengatakan...

aduh ronaa, susah ahhh.. males2.. kayanya gw ga bakal ambil jurusan animasi juga rona.. rona niat amat blog nyaaa ^^

neoanderson mengatakan...

wow,your blog is very informative! I like it so much as much as I love sex!

karmelia mengatakan...

gw juga suka kartun.

neoanderson mengatakan...

ciye rona ciye

Barry M.Nadim mengatakan...

kartun memang menghibur ya